Jumat, 11 September 2015

Aneka Ibadah di Bulan Dzulhijah



Bulan Dzulhijah adalah bulan yang mulia. Salah satu dari bulan  suci , dimana amal ibadah dibulan ini pahalanya dilipatgandakan. Ibadah apa saja yang disunahkan? Berikut tuntunannya.
Bulan Dzulhijjah merupakan bulan pelaksanaan ibadah Haji. Jutaan umat islam berkumpul di Tanah Suci untuk menunaikan panggilan Allah SWT melaksanakan rukun islam yang ke lima. Allah berfirman, “ Demi fajar, dan malam yang sepuluh, dan yang genap dan yang ganjil, dan malam bila berlalu,” ( QS al Fajr:1-4) 
Para ulama tafsir menafsirkan maksud malam yang sepuluh adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Dalam hadis juga dijelaskan, dari Ibnu Abbas ra berkata, Rosulullah SAW, Bersabda, “ Tiada hari dimana amal shalih lebih dicintai Allah melebihi hari-hari ini, yaitu sepuluh hari pertama Dzulhijjah”. Sahabat bertanya, “ Ya Rosulullah SAW tidak juga jika dibandingkan dengan jihad dijalan Allah? ” Rosul  SAW menjawab, ” tidak juga dengan jihad, kecuali seorang yang berjihad dengan jiwa dan hartanya serta tidak kembali ( gugur sebagai syahid).” ( HR Bukhari)
Berikut ini penjelasan selengkapnya Ibadah yang sebaiknya di lakukan dibulan Dzulhijjah.
Bertakbir
Takbir,Tahlil Dan Tahmid sangat dianjurkan di saat-saat mustajab tersebut. “ Dan Berzikirlah ( dengan menyebut Allah dalam beberapa hari yang berbilang.” (QS. al Baqarah)
Jumhur ulama sepakat bahwa beberapa hari berbilang adalah hari tasyriq, yaitu tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah. Keutamannya tergambar dalam riwayat dari Ibnu Abbas berkata, Rosulullah SAW bersabda, “ tiada hari-hari dimana amal shalih paling utama di sisi Allah dan paling dicinta-Nya melebihi sepuluh hari pertama Dzulhijjah. Perbanyaklah pada hari itu dengan tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR Ahmad dan Al Baihaqi).
Puasa Sunah
Amalan selanjutnya adalah puasa sunah, khususnya puasa sunah Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Dari Abu Qatadah ra berkata, Rosulullah SAW ditanya tentang puasa hari arafah. Rosulullah SAW menjawab, ” Menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR muslim)
Zikir
Setelah itu perbanyaklah amal ibadah, karena pahalanya dilipatgandakan, seperti salat,zikir,takbir,tahlil,tahmid,shalawat, puasa dan sedekah serta yang lainnya. Dari Jabir ra bahwa Rosulullah SAW bersabda, ” sebaik-baiknya hari dunia adalah sepuluh hari pertama Dzulhijjah.”
Ditanya, “ Apakah jihad dijalan Allah tidak sebaik itu?Rosul SAW menjawab, “ Tidak akan sama jika dibandingkan dengan jihad di jalan Allah. Kecuali seseorang yang menaburkan wajahnya dengan debu( gugur sebagai syahid).” (HR al Bazzar).
Salat Hari Raya
Tentu saja ibadah yang satu ini sangat populer bagi Anda. Yakni salat sunah pada hari raya Idul Adha ( 10 Dzulhijjah). Allah SWT berfirman: ” Maka dirikanlah solat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” ( QS al Kautsar: 2) Diantara makna perintah salat disini adalah salat idul Adha. Berkata Ar rabi’, “ jika engkau selesai salat dihari idul adha, maka berkurbanlah.”
Berkurban
Sebagaimana firman Allah yang artinya, “ Dan berzikirlah ( dengan menyebut nama ALLAH dalam beberapa hari yang berbilang.” ( QS al Baqarah). Pada hari tasyriq juga masih disunahkan untuk berkurban.
Rosulullah SAW bersabda, ” seluruh hari Tasyriq adalah hari penyembelihan ( kurban).” ( HR Ahmad) Mudah-mudahan kita senantiasa menghiasi diri dengan ibadah dibulan mulia itu. Insya Allah. Amin.


Sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar